Sabtu, 09 Juli 2011

Profil Karya Ilmiah Remaja SMAN 1 Purworejo


Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Purworejo merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang dibawahi langsung oleh OSIS SMAN 1 Purworejo seksi Kepribadian Berbudi Pekerti Luhur(KBPL) subseksi Kelompok Ilmiah Remaja(KIR). Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Purworejo bertujuan untuk menampung siswa-siswi SMAN 1 Purworejo yang berminat dan berbakat dalam bidang tulis menulis,terutama Karya Tulis Ilmiah(KTI),sehingga siswa diharapkan untuk selalu aktif,berpikir kreatif dan inovatif dalam berbagai hal sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh KIR SMAN 1 Purworejo antara lain adalah :

1.       Reorganisasi 2010/2011
Reorganisasi KIR ini bertujuan untuk  melakukan pembaharuan kepengurusan struktur organisasi di KIR SMAN 1 Purworejo,dimana kepengurusan KIR 2009/2010 telah berakhir masa jabatannya dan diserahkan kepada kepengurusan KIR 2010/2011.Reorganisasi KIR dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2010.
2.       Latihan Rutin
Dalam mengembangkan minat dan bakat siswa-siswi yang tergabung dalam KIR SMAN 1 Purworejo,maka dilaksanakan latihan rutin dengan pemberian materi seputar Karya Tulis Ilmiah (KTI).Latihan rutin ini biasanya dibimbing oleh para guru pembimbing KIR dan dilaksanakan kurang lebih selama satu setengah jam pada hari Rabu seusai KBM.
3.       Diklat KBPL
Pada tanggal 6 Maret 2011,OSIS SMAN 1 Purworejo seksi KBPL mengadakan diklat yang bertujuan untuk menetapkan keikutsertaan siswa-siswi yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler KIR,GAMMA dan GADING. Selain itu,melalui diklat KBPL ini pula peserta diklat dapat  bertukar pengalaman dan juga mendapat tambahan ilmu pengetahuan dari para narasumber yang telah lama berkiprah di dunia jurnalistik dan tulis menulis.
4.       Lomba Mading
Dalam mengembangkan kreativitas siswa SMAN 1 Purworejo,maka dilaksanakan lomba mading antarkelas. Lomba mading ini telah dilaksanakan setiap tahunnya dan pada tahun 2010/2011 ini lomba mading antarkelas ini dimenangkan oleh kelas XI RSBI IPS 1.
5.       Stadtundfahrt
Stadtundfahrt merupakan salah satu program kerja KIR SMAN 1 Purworejo. Stadtundfahrt berasal dari bahasa Jerman stadt yang berarti belajar dan fahrt yang berarti perjalanan. Stadtundfahrt ini merupakan perjalanan sekaligus pembelajaran bagi siswa KIR di luar lingkungan sekolah dengan melakukan observasi lapangan sebagai salah satu bahan untuk pelatihan pembuatan KTI. Stadtundfahrt KIR 2010/2011 telah dilaksanakan pada tanggal 17 April 2011 di daerah Peternakan Kambing Peranakan Etawa,Kalikotak,kecamatan Kaligesing.
6.       Temu Ilmiah Remaja (TIR)
TIR merupakan program kerja OSIS SMAN 1 Purworejo yang dilaksanakan setiap tahun. TIR 2010/2011 yang dilaksanakan pada tanggal 25 Mei 2011 dalam bentuk lomba penulisan artikel ilmiah yang bertemakan “Habis Manis Sepah Didaur Ulang” serta tahap presentasi tingkat SMP/MTs se-Kabupaten Purworejo ini merupakan TIR ke VII yang dilaksanakan. Pemenang dari lomba penulisan artikel ilmiah TIR VII kali ini adalah Tim KIR SMPN 14 Purworejo dengan judul artikel Limbah Kertas sebagai Penjepit Rambut.
7.       Pemasangan Papan Nama Ilmiah
Pemasangan Papan Nama Ilmiah bertujuan untuk menambah pengetahuan siswa-siswi SMAN 1 Purworejo terhadap nama-nama latin jenis tumbuhan yang berada di wilayah lingkungan SMAN 1 Purworejo berdasarkan sistem penamaan Binomial Nomenklatur.
Demikian sekilas mengenai profil serta program kerja yang dilaksanakan oleh kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMAN 1 Purworejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar