Jumat, 13 Juli 2012

SMA Negeri 1 Purworejo Selenggarakan Gelar Inovasi dan Kreasi Siswa

Gelar Teknologi Pangan, Gelar Penelitian, dan Gelar Hasil Karya Daur Ulang Sampah
Kreativitas Siswa dalam Mengolah dan Menyajikan Kuliner
Sabtu, 17 Desember 2011, saat pengambilan raport semester gasal, siswa SMA Negeri 1 Purworejo menggelar acara akbar berupa Gelar Inovasi dan Kreasi Siswa. Tiga acara gelar akbar ini adalah gelar teknologi pengolahan pangan sebagai bentuk ujian praktik pelajaran Teknologi Pengolahan Pangan di bawah asuhan guru mapel  Ibu Niken Suci Rahyani.
Gelar berbagai hasil penelitian siswa dalam wadah Kelompok Ilmiah Remaja di bawah asuhan Ibu Riyani,S.Pd., dan gelar hasil seni kriya dan kerajian dari bahan-bahan sampah di bawah kendali Drs. Gunawan Widyatmoko,MM.
Semua acara tersebut di bawah kendali waka kurikulum SMA Negeri 1 Purworejo, Niken Wahyuni,M.Pd.
Dalam gelar teknologi  pengolahan makanan, berbagai bahan  makanan diolah sedemikian rupa dan disajikan dengan sangat kreatif oleh siswa, tidak tanggung-tanggung, kelas yang sederhana disulap menjadi semacam restoran yang mewah dan ekslusif, lengkap dengan daftar menu dan para penyaji serta MC dan pengisi acara.  Bahan dasar makanan yang terdiri atas singkong, jagung, dan pisang dikreatifkan menjadi makanan kudapan yang bernilai ekonomi tinggi. Makanan yang disajikan juga mengundang selera dan sangat variatif.  Peserta gelar teknologi pengolahan makanan adalah siswa kelas XII baik IPA,IPS, maupun akselerasi.
Dalam gelar penelitian siswa, disajikan hasil penelitian siswa selama satu semester dari kelompok karya ilmiah remaja (KIR). Produk dan hasil penelitian siswa antara lain: tape beras merah sebagai alternatif  penurun kadar kolesterol ( yang ditemukan oleh Kresna Dwi Payana dkk ), pemanfaatan jantung sebagai sumber bahan makanan yang kaya serat dan rendah kolesterol ( Bernadetta dkk), semir sepatu warna hitam dari kulit manggis ( temuan kreatif  Panggih Laksito Aji), tomat sebagai penetralisasi zat-zat berbahaya dari mi instan ( Widyaningrum), serial  kartun animasi avatar untuk meningkatkan kreativitas siswa SMA N 1 Purworejo ( Suryo Adhi Rakhmawan), dan produk-produk lain.  Produk karya siswa pun laris dibeli oleh para pejabat dan orang tua yang hadir.
Sementara itu, gelar hasil karya kerajinan dan seni kriya dari baha-bahan sampah, juga sangat menarik. Sampah-sampah bekas disulap menjadi bahan-bahan bernilai ekonomi tinggi. Produk ini pun laris dibeli oleh orang tua dan para pejabat yang hadir.
Menurut Niken Wahyuni,M.Pd., waka kurikulum sekaligus koordinator gelar inovasi dan kreasi, kegiatan ini merupakan wadah dan sesuatu yang diprogramkan oleh sekolah. Lebih-lebih sekolah berstatus RSBI, diwajibkan mengadakan gelar inovasi dan kreasi yang merupakan ciri keunggulan siswa dan sekolah.
Dra. Budiastuti Sumaryanti,M.Pd., kepala SMA Negeri 1 Purworejo sangat mengapresiasi kegiatan ini. Di sini dibuktikan bahwa tidak hanya akademik yang ditonjolkan siswa SMA N 1, tetapi juga kegiatan lain yang sangat menunjang karakter siswa. Apalagi, pemerintah pusat sedang menggalakkan program makanan alternative, pendidikan karakter yang  dan punya jiwa  wirausaha.  SMA N 1 Purworejo sudah dan selalu melaksanakan program ini.
Acara gelar Inovasi dan Kreasi Siswa ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Drs. Bambang Aryawan,MM,, dan dihadiri oleh Kepala Deperindagkop, Kepala KLH, dan Kepala Dinas Kesehatan Purworejo. Turut menyaksikan juga, segenap orang tua wali siswa kelas XII, dan jajaran komite.
Dalam sambutannya, Drs. Bambang Aryawan,MM mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan kreatif ini. Kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh sekolah lain dan dan sangat menunjang dalam pembangunan pendidikan karakter. Selain itu, soft skill siswa akan makin terasah dan lengkap.
Salah satu orang tua siswa yang ditemui reporter kami sangat terharu dan bangga bahwa ternyata putra-putrinya mampu berbuat lebih dari sekadar yang diinginkan. “ Anak-anak ternyata sangat kreatif dan saya berterima kasih sekali terhadap SMA N 1 Purworejo yang terus mengasah dan mengembangkan bakat-bakat anak kami,’’ ujarnya bangga.
Seksi acara, Sunardi,S.Pd,, menjelaskan bahwa acara gelar inovasi sengaja dipadukan hingga menjadi 3 in 1,dan   dibarengkan dengan pengambilan raport agar orang tua dapat menyaksikan secara langsung. Setelah orang tua menyaksikan, pihak sekolah menyampaikan penjelasan informasi seputar pelaksanaan UN 2012 dan strategi menembus perguruan tinggi yang difavoritkan para siswa. Selesai acara, para orang tua menerima raport hasil belajar siswa semester gasal dan hasil TUC I MKKS.

Sumber : http://sma1purworejo.sch.id/smansa/html/index.php?id=berita&kode=55

Tidak ada komentar:

Posting Komentar